Pramuka mtsn andalan pekanbaru

Pramuka mtsn andalan pekanbaru
Pramuka mtsn andalan pekanbaru

Kamis, 31 Maret 2011

Semester 2


   1.           HUKUM BACAAN LAM DAN RA


Hukum membaca huruf lam
Hukum membaca huruf lam () ada 2 macam yaitu Lam Tafkhim(tebal) dan Lam Tarqiq(tipis)

1.Lam Tafkhim
Adalah apabila Lam() dalam Lafal Allah(ﺃﷲ) di dahului fathah atau dhammah maka lafal Allah dibaca tebal.

2.Lam Tarqiq
      Apabila Lam() dalam lafal Allah(ﺃﷲ)  didahului oleh kasrah maka lafal Allah dibaca tipis

 Adapun huruf lam yang tidak berada dalam lafaz jalalah harus dibaca tarqiq atau tipis

Hukum bacaan Ra
Hukum memaca huruf ra() ada 3 macam yaitu :
a.Tafkhim
      Ra() tafkhim yakni ra yang dibaca tebal.ada 4 faktor yang menyebabkan ia dibaca tebal,yakni:
 1.Ra() berharakat dammah,fathah,dhammah tain,fathah tain
2.Huruf sebelum Ra() berharakat fathah atau dhammah dan huruf Ra berharakat sukun
3.Huruf sebelum nya berharakat Kasroh dan Ra() berharakat sukun.Namun kasroh nya tidak asli
4.Huruf sebelum nya berharakat Kasroh dan Ra() berharakat sukun.Namun kasroh nya asli

b.Tarqiq
Ra tarqiq yakni Ra() yang dibaca tipis.Ada 3 faktor yang menyebabkan ra dibaca tipis,yakni:
1.Apabila Ra() berharakat Kasrah atau Kasrahtain
2.Apabila Ra() berharakat dhammah atau dhammahtain dan huruf sebelum nya berupa ya sukun dan Ra() tersebut di wakafkan(berhenti)
3.Apabila Ra() berharakat sukun dan sebelumnya berupa Kasrah Asli

c.Jawazul wajhain
Ra disini boleh dibaca tebal atau pun tipis apabila ada Ra sukun(رْ),sebelum nya berupa harakat kasrah dan sesudah nya adalah huruf isti’la

Menerapkan hukum bacaan lam dan ra pada surah al humazah dan attakasur
a. Surah alhumazah
104:1
104:2
 







104:3 



104:4 



104:5 



104:6 




104:7
 




104:8
 



104:9
 






b. Surah at-takasur


102:1 




102:2 




102:3
 



102:4 



102:5
 



102:6
 




102:7
 


102:8
 




Ulangan harian
A.    Berilah tanda silang pada jawaban yang paling tepat

1.     Hukum membaca huruf ra ada ….
a.     2 macam
b.     3 macam
c.     4 macam
d.     5 macam

2.     Ra tarqiq adalah ra yang di baca ……
a.     Tebal
b.     Tipis
c.     Jelas
d.     Samar

3.     Dalam mengucapkan huruf ra boleh tebal boleh juga tipis , oleh karnanya di sebut ….
a.     Tafkhim
b.     Jawazul wajain
c.     Tarqiq
d.     Wajhain

4.     Apabila lam dalam lafal Allah di dahului oleh harkat fathah atau dammah , maka harus di baca ……
a.     Tipis
b.     Tebal
c.     Dengung
d.     Samar

5.     Tafkhim artinya …
a.     Tipis
b.     Tebal
c.     Sedang
d.     Ringan

6.     Tarqiq artinya …..
a.     Tipis
b.     Tebal
c.     Sedang
d.     Ringan

7.     Hukum membaca huruf lam yang terdapat dalam lafal Allah ada …
a.     2 macam
b.     3 macam
c.     4 macam
d.     5 macam

8.     Huruf lam dalam lafal lafzul jalalah di baca tafkhim apabila ……
a.     Di dahului dengan huruf berharkat fathah
b.     Di dahului dengan huruf berharkat kasrah
c.     Di dahului dengan huruf berharkat sukun
d.     Di dahului dengan huruf berharkat kasrah tanwin

9.     Secara bahasa , tafkhim artinya …….
a.     Ditipiskan
b.     Ditebalkan
c.     Dilebihkan
d.     Dimerdukan

10. Secara bahasa , tarqiq artinya ….
a.     Di tipiskan
b.     Di tebalkan
c.     Di lebihkan
d.     Di merdukan

11. Ra mufakhkhamah adalah ra yang di baca …..
a.     Tafkhim
b.     Tarqiq
c.     Isti’la
d.     Jawazul wajain

12. Huruf ra boleh di baca tebal atau tipis apabila ra sukun di dahului oleh huruf berharkat kasrah dan sesudah ra terdapat huruf …
a.     Hijaiyah
b.     Arab
c.     Isti’la
d.     Al-qur’an

13. Apbila huruf ra berharkat fathah atau dammah , maka ra di baca …
a.     Tafkhim dan tarqiq
b.     Tafkhim atau tarqiq
c.     Tarqiq
d.     Tafkhim

14. Apabila huruf ra berharkat sukun dan huruf sebelumnya berharkat fathah atau dammah , maka ra di baca …
a.     Tafkhim dan tarqiq
b.     Tafkhim atau tarqiq
c.     Tarqiq
d.     Tafkhim

15. Berikut ini termasuk pernyataan yang benar , Kecuali ….
a.     Ra berharkat fathah di baca tafkhim
b.     Ra berharkat sukun dan huruf sebelumnya berharkat dammah di baca tafkhim
c.     Ra berharkat kasrah di baca tafkhim
d.     Ra berharkat dammah dan huruf sebelumnya berupa ya sukun di baca tarqiq

16. Bacaan pada huruf ra bisa di baca tafkhim , artinya ……..
a.     Samar
b.     Dengung
c.     Tebal
d.     Tipis

17. Isti’la artinya …
a.     Memanjang
b.     Meninggi
c.     Memendek
d.     Menurun

18. Apabila huruf ra baerharkat kasrah atau kasratain , maka ra di baca …
a.     Tafkhim dan tarqiq
b.     Takhim atau tarqiq
c.     Tarqiq
d.     Tafkhim

19. Lam muraqqaqah adalah lam yang di baca
a.     Tafkhim
b.     Tarqiq
c.     Antara tarqiq dan tafkhim
d.     Jawazul wajain

20.    Huruf isti’la terdiri atas …. Huruf
a.     Enam
b.     Tujuh
c.     Delapan
d.     Sembilan

B.       Isilah titik dengan jawaban yang tepat

1.        Ra tarqiq adalah huruf ra yang di baca …….
2.        Ada tiga faktor yang menyebabkan huruf ra di baca tarqiq yaitu …
3.        Ada 4 faktor yang menyebabkan huruf ra ( y ) di baca tafkhim yaitu….
4.        Hukum membaca lam ( ª ) yang terdapat pada lafal allah ada dua macam yaitu ……
5.        Huruf lam yang terdapat pada lafal allah di baca tafkhim apabila di dahului oleh harkat …. Atau …..
6.        Ra berharkat dammah termasuk ……
7.        Huruf isti’la ada ….
8.        Ra berharkat kasrah termasuk ……
9.        Hukum bacaan ra yang terdapat pada surah at- takasur ada ……
10.   Hukum bacaan lam yang terdapat pada surah al – humazah ada ….




Kunci jawaban
a)       Berilah tanda silang pada jawaban yang tepat


1.     B
2.     B
3.     B
4.     B
5.     B
6.     A
7.     A
8.     A
9.     B
10.   A
11.   A
12.   C
13.   D
14.   D
15.   C
16.   C
17.   B
18.   C
19.   B
20.   B



b)    Isilah titik dengan jawaban yang tepat


1.     Tipis
2.     Ada 3 :
v    Berharkat kasrah dan kasratain
v    Apabila ra berharkat dammah dan dammatain dan huruf sebelumnya berupa ya sukun dan ra di wakafkan
v    Berharkat sukun dan sebelumnya berharkat kasrah asli dan tidak ada huruf isti’la

3.     Ada 4 :
v    Berharkat , fathah, dammah , fathatain , dammatain
v    Berharkat sukun , dan huruf sebelumnya berharkat fathah atau dammah
v    Berharkat sukun , dan huruf sebelumnya huruf kasrah tidak asli
v    Berharkat sukun , dan huruf sebelumnya kasrah asli dan sesudahnya isti’la.
4.     Tafkhim dan tarqiq
5.     Fathah atau dammah
6.     Tafkhim
7.     Tujuh ( 7 )
8.     Tarqiq
9.     Lima ( 5 )
10.                        Delapan belas ( 18 )


     2.                              Tamak terhadap Harta



A.   Tamak
Islam tidak melarang umatnya untuk memiliki harta yang banyak . asalkan harta tersebut dicari melalui jalan yang halal , dalam syariat islam harta tersebut dipergunakan untuk kepentingan islam 
           
1.     Pengertian Tamak
Tamak berasal dari bahasa arab yang berarti loba , rakus , dan teramat besar keinginan untuk memiliki harta yang banyak . Namun banyak manusia yang kemudian mencintai harta seara berlebih – lebihan , inilah yang di sebut sifat tamak .
2.    Ciri – ciri orang tamak
Orang yang memiliki sifat tamak , dapat diketahui dari beberapa tanda yaitu :
a.      Berlebihan dalam mencintai harta yang telah dimilikinya
b.      Terlalu bersemangat dalam mencari harta sehingga tidak memerhatikan waktu dan kondisi tubuh
c.      Bakhil dalam membelanjakan harta
d.      Merasa enggan mengeluarkan harta untuk kepentingan agama
e.      Tidak memerhatikan kehidupan kemasyarakatan karna terlalu sibuk mencari harta .
f.        Menginginkan kemewahan dunia dan kurang memerhatikan bekal untuk kehidupan yang hakiki yaitu akhirat
g.      Semua aktivitasnya selalu berorientasi pada materi

3.      Larangan bersifat tamak
Sebagaimana tercantum pada firman allah swt :
57:20 















Artinya :
          Ketahuilah sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau , perhiasan dan saling berbangga diantara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan , seperti hujan yang tanam tanamannya mengagumkan para petani , kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur . dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari allah serta keridaannya dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu ( Q.S al-hadid ayat 20 )
            Berdasarkan ayat tersebut , ada 4 poin penting mengeni sifat’ kehidupan :
a.      Kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau belaka
b.      Manusia saling bebangga diri dengan perhiasan
c.      Manusia saling berlomba dalam hal kekayaan dan anak keturunan
d.      Kesenangan hidup dalam dunia hanya bersifat sementara
Di dalam ayat yang lain , allah swt , mengingatkan kepada kita sebagai berikut :
63:9 








Artinya :
            Wahai orang – orang yang beriman !  janganlah harta bendamu dan anak – anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah , dan barang siapa berbuat demikian , maka mereka itulah orang – orang yang merugi (Q.S al munafiqin ayat 9 )
            Harta dan anak adalah karunia dari allah SWT . Bolehlah kita mencintai harta dan anak – anak kita , sekedar  saja . janganlah kecintaan kita terhadap harta dan anak melalaikan kita dari mengingat alla SWT. Orang – orang yang lebih mencintai harta dan anak dari pada hari akhirat dialah orang yang merugi.

A.   Memahami isi kandungan surah al-humazah dan at-takusur
1.      Surah alhumazah
a.      104:1Lafal  dan terjemahan surah al-humazah


Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela

104:2 




yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung,

104:3 




dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya
104:4 




sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.
104:5 




Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?
104:6 





 (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,
104:7
 





yang (membakar) sampai ke hati

104:8
 



Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka,

104:9
 




 (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang

b.      Isi Kandungan surah al-humazah
“ Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela” ( ayat 1 ) ‘
Pengumpat adalah orang yang suka mengejek orang lain dan merasa bahwa dirinya saja yang benar . sering kali keburukan orang dibicarakannya di belakang oarng yang dibicarakannya , padahal kalau berhadapan dia bermulut manis. Setiap pekerjaan orang betapapun baiknya, namun bagi dia ada saja cacatnya, ada saja celanya dan dia lupa memerhatikan cacat dan cela yang ada pada dirinya .
“yang mengumpulkan harta dan menghitung – hitungnya” ( ayat 2 ) . Yang menyebabkan dia mencela dan menghina orang lain, memburuk-burukkan siapa saja ialah karena kerjanya sendiri hanya mengumpulkan harta kekayaan buat dirinya. Supaya orang jangan mendekat, di pagarinya dirinya dengan mengejek dan menghina orang lain. Dia benci kebaikan dan benci kepada orang yang berbuat baik .
Dia benci kepada pembangunan untuk umum karena asal ada orang mendekati dia , di sangkanya akan meminta hartanya saja. Mengumpat , mencela, dan memburukkan orang lain adalah satu kesalahan besar dalam masyarakat, yang akan menyebabkan kesusahan bagi dirinya di belakang hari. Sebab “Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya” ( ayat 3 ) ‘
Dengan harta bendanya itu dia menyangka akan terpelihara dari gangguan penyakit, dati bahaya dan kemurkaan Allah SWT. Karena jiwanya telah terpukau oleh harta bendanya itu yang menyebabkan dia lupa akan kematian. Dia menjadi bahil, kikir dan mengunci erat pati harta karun itu dengan sikap kebencian.
“Sekali – kali tidak!” ( ayat 4 ). Artinya bahwa pekerjaannya mengumpulkan harta benda itu, yang disangkanya akan dapat memelihara dirinya dari sakit, dari tua, dari mati atupun azab siksa neraka, tidaklah benar ; bahkan “pasti dia akan di lemparkan kedadalam ( neraka ) huthamah.” ( ayat 4 ).
Sebab dia bukanlah orang yang patut di hargai. Dia mengumpulkan harta dan menghitunh – hitung harta, namun dia mencela dan menghina dan memburuk – burukkan orang lain, mengumpat dan menggunjing. Orang itu tidak ada faedah dia akan di tempatkan di neraka hutamah.
“ Dan tahukah kamu apa hutamah itu ?” ( ayat 5 ). Hal ini merupakan pertanyaan Allah SWT kepada Nabi-nya untuk menarik perhatian beliau tentang ngerinya hutamah itu !.
“(Yaitu) api (azab) Allah yang dinyalakan .” ( ayat 6 ). Karena selalu dinyalakan berarti tidak penah dibiarkan apinya mati, maka berkobarlah api itu terus menerus.
“Yang (membakar) sampai ke hati .” ( ayat 7 ). Maka hanguslah selalu hati mereka itu. Yaitu hati yang sejak masa dunia penuh dengan kebusukan merugikan orang lain untuk keuntungan diri sendiri, menginjak-injak orang lain untuk kemuliaan diri.
“sungguh, api itu ditutup rapat atas mereka.” ( ayat 8 ). Artinya setelah masuk kesana mereka tidak akan bis keluar lagi ; “( sedang mereka itu ) di ikat pada tiang – tiang yang panjang .” ( ayat 9 ).
  Ayat ini menjeaskan tentang azab yang di berikan kepada orang yang suka mengumpat, mencela , mengumpulkan harta dan di hitung – hitungnya. Maka hukuman yang akan di terimanya kelak yaitu di mmasukkan kedalam neraka yang bernama hutamah , yang apinya menyala terus , dan nyala apinya itu akan membakar hatinya. Hati yang busuk , yang penuh prasangka. Dan semua itu adalah sepadan.
Dan kemudian pintu neraka hutamah itu dtutup rapat setelah mereka berada didalamnya , seimbanglah dengan sikap mereka di dunia dahulu yang tidak pernah membukakan peti hartanya untuk bersedekah.

2.      Surah at-takasur
a.      Surah at-takasur dan artinya

102:1 




Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,

102:2 




sampai kamu masuk ke dalam kubur

102:3
 




Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu),
102:4 




dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui
102:5
 




Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin,
102:6
 




niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim,



102:7
 



dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan 'ainul yaqin
102:8
 




kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu)


b.      Isi kandungan surah at-takasur
Isi kandungan surah at-takasur adalah peringatan dari allah terhadap orang yang bermegah – megahan dan bermewh – mewahan yang mengakibatkan lalai atas anugrah dan nikmat dari Allah SWT. Bahwa anugerah dan nikmat itu kelak akan di minta pertanggung  jawabannya .
Di jelaskan bahwa surah at-takasur diturunkan karena ada dua kabilah dari kabilah ansar yakni kabilah bani harisah dan bani haris yang masing – masing bebeda pendapat dalam masalah harta. Masing – masing mereka merasa bahwa harta mereka yang paling banyak dari pada kelompok lain. Dan keturunan mereka lebih baik dan lebih hebat dari yang lain. Atas pertengkaran ini Allah SWT menurunkan ayat – ayat dalam surah at-takasur
“Bermegah – megahan telah melalaikan kamu.” Ayat 1. Menjelaskan bahwa , bermegah – megahan itu melalaikan mengingat Allah SWT. Maksudnya , orang yang kaya dengan harta kekayaannya tetapi mia tidak beriman, maka harta kekayaannya itu akan melalaikan Allah, Sehingga hanya di gunakan untuk berfoya – foya .
“Sampai kamu masuk kedalam kubur.” Ayat 2. Mereka tidak menyadari bahwa ada kehidupan yang kekal abadi , dan mereka sadar itu setelah di dalam kubur. Maka penyesalan tidak ada gunanya.
“Sekali – kali tidak ! kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatan itu),” ayat 3 dan “ kemudia sekali – kali tidak ! kelak kamu akan mengetahui.” Ayat 4. Ayat ini menjelaskan bahwa kelak harta mereka tidak ada gunanya.
“ sekali – kali tidak ! kiranya kamu mengetahui denngan pasti” ayat 5, “niscaya kamu benar – benar akan melihat neraka jahim” ayat 6 , dan “kemudian kamu akan benar-benar melihatnya dengan mata kepala sendiri” ayat 7. Ayat tersebut menjelaskan bahwa orang – orang yang kufur nikmat dan melalaikan allah akan di siksa di neraka jahim dan mereka menyaksikannya sendiri.
“kemudian kamu benar benar akan di Tanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan didunia itu )” ayat 8. Maksudnya adalah , bagaimana harta tersebut didapat dan digunakan .


B.   Hubungan surah al-humazah dan at-takasur  mengenai tamak akan dunia dan melupakan akhirat

Pokok – pokok isi surah at- takasur adalah keinginan manusia manusia untk bermegah – megahan dalam masalah duniawi , membuat manusia lalai dari tujuan hidup yang paling utama.dan akan di azab d neraka jahim.
Didalam surah al – humazah di terangkan bahwa orang yang suka mencela orang lain , mengumpat , tidak menafkahkan hartanya di jalan allah , akan mendapat azab dari allah .

Dari penjelasan di atas , dapat di ambil kesimpulan bahwa surah alhumazah dan surah at- takasur menerangkan tentang azab .

C.    Mempraktikkan kandungan surah al-humazah dan at- takasur dalam kehidupan sehari – hari

1.      Penerapan
Contoh penerapan isi kandungan surah al- humazah dan at – takasur dalam kehidupan sehari – hari , antara lain :
v     Tidak berlebih – lebihan dalam mengejar kehidupan dunia
v     Bekerja mencari rejeki sesuai kemampuan dan menurut aturan agama
v     Mensyukuri rezki yang ada
v     Berusa menafkan rezki sesuai petunjuk agama
v     Bersedekah

2.     Dampak positif
Dampak positifnya adalah antara lain :
a.      Mendapat pujian dari Allah SWT dan Manusia
b.      Dapat bergaul dengan baik
c.      Hidupnya tidak dipenuhi kegelisahan
d.      Tidak ada keinginan untuk hidup mewah
e.      Memperoleh pahala
f.        Selamat dari azab api neraka


Ulangan harian
a.      Berilah tanda ( X ) pada huruf a,b,c,d di depan jawaban yang paling tepat

1.     At – Takasur artinya ….
a.     Lalai
b.     Bermegah – megahan
c.     Kubur
d.     Ilmu
2.     Pak hadi adalah orang kaya , tetapi tetap taat beribadah dan hidup dengan wajar. Perbuatan pak Hadi tersebut mencerminkan rasa ….
a.     Kufur
b.     Syukur
c.     Bakhil
d.     Sederhana
3.     Berikut ini contoh bermegah megahan bagi siswa , di antaranya ….
a.     Di sekolah memakai tas baru
b.     Sekolah membawa mobil
c.     Suka membantu teman
d.     Di sekolah suka jajan
4.     Terjemahan ayat ke – 2 surah at – Takasur adalah …
a.     Sehingga kamu masuk ( kedalam ) kubur
b.     Sehingga kamu menggunjing kubur
c.     Sehingga kamu mendatangi kubur
d.     Sehingga kamu melihat kubur
5.     104:6Surah al – humazah di akhiri dengan ayat ….
a.     104:8 
b.     104:9 
c.     102:8 
d.      
6.     Al – Humazah artinya ….
a.     Merayu
b.     Mencela
c.     Memuja
d.     102:3Mendusta
7.                                                  Adalah ayat ke … surah at – Takasur
a.     Dua
b.     Tiga
c.     Empat
d.     Lima
8.     Pejabat negara yang melakukan tindak korupsi berarti tidak memiliki sifat ….
a.     Tawakal
b.     Ikhlas
c.     Qanaah
d.     Tasamuh
9.     Sifat yang biasa dimiliki oleh orang yang tamak terhadap harta dunia adalah ….
a.     Bakhil
b.     Penyabar
c.     Rajin beribadah
d.     Ringan tangan
10. Asbabun nuzul surah al – Humazah berkaitan dengan ….
a.     Kesederhanaan hidup nabi Muhammad SAW . dan para sahabat
b.     Celaan orang kafir tehadap kesederhanaan hidup Nabi muhammad SAW
c.     Kekayaan sebagian sahabat nabi yang berlimpah
d.     Kenikmatan yang telah banyak diterima Nabi SAW dan para sahabat
11. Orang yang tamak memiliki kecendrungan …
a.     Syukur nikamat
b.     Kufur nikmat
c.     Tawaduk
d.     Kuat kepribadian
12. Orang – orang kafir mengejek dan mengumpat keadaan nabi Muhamad SAW . yang sangat …
a.     Sederhana
b.     Kaya raya
c.     Memprihatinkan
d.     Mempesona
13. Asbabun nuzul surah at – Takasur berkaitan dengan dua kabilah ansar yang saling
a.     Mempertahankan hartanya
b.     Memperebutkan kekuasaan
c.     Mencari kekayaan yang melimpah
d.     Menyombongkan diri dengan kekayaan dan keturunannya
14. Oarang yang rakus terhadap harta menyangka bahwa hartanya akan membuat dirinya kekal. Pernyataan tersebut terdapat dalam surat al- Humazah ayat …
a.     1
b.     2
c.     3
d.     4
15. Di dalam surah al – Humazah dan at – Takasur menjelaskan salah satu sifat yang tercela yaitu …
a.     Tamak terhadap harta dunia
b.     Menyombongkan harta dan keturunan
c.     Suka mengumpat orang lain
d.     Suka mengejek orang lain
16. Suatu sikap hidup dimana seseorang tidak terlalu mementingkan dunia dan hart kekayaan di sebut …
a.     Tawakal
b.     Zuhud
c.     Qanaah
d.     104:9Ikhlas
17.  
Berdasarkan ayat di atas ini , mereka semua ( pengumpat dan pencela ) diikat di …
a.     Tiang – tinag yang panjang
b.     Tiang yang tinggi
c.     Tiang yang panas
d.     Tiang besi
18. Orang yang sudah masuk kedalam hutamah tidak akan mampu ….
a.     Merasakan panas
b.     Menahan rasa panas
c.     Melarikan diri
d.     Menyesali
19. Surah at – Takasur dan al - humzah di golongkan kedalam surah …
a.     Madaniyah
b.     Madinah
c.     Makkiyah
d.     Mekkah
20. Berikut ini adalah dampak positif menghindari sifat tamak …
a.     Merasakan siksa api neraka
b.     Menjadi orang kufur nikmat
c.     Terpuji dalam pandangan allah
d.     Memperoleh kegelisahan jiwa
21. Q.s  at – Takasur ayat 1 dan 2 berisi tentang larangan …
a.     Bermalas – malasan
b.     Bermegah – megahan
c.     Permusuhan
d.     Membanggakan diri
22. Orang yang hidupnya hanya mengejar harta dunia, maka hatinya merasa …
a.     Sedih
b.     Nyaman
c.     Tentram
d.     Gelisah
23. Prinsip hidup orang yang qanaah adalah …
a.     Hidup tidak perlu mencari harta
b.     Harta akan datang sendiri
c.     Mersa puas dengan pemberian Allah SWT
d.     Bekerja untuk dunia hukumnya haram
24. Allah SWT . akan mempersoalkan tentang harta yang di banggakan di dunia. Hal ini terdapat dalam surah at – Takasur ayat …
a.     5
b.     6
c.     7
d.     8
25. Orang tamak mencintai harta secara ….
a.     Biasa saja
b.     Pasif
c.     Berlebihan
d.     Acuh tak acuh
b.      Isilah titik – titik pada soal di bawah ini dengan jawaban yang tepat
1.      Surah At – Takasur mengandung larangan ………………………….
2.      At – Takasur artinya …………
3.      Terjemahan ayat keduan at – takasur adalah ……….
4.      Surah al humazah tergolong surah ………..
5.      Orang yang bermegah megahan yang masuk neraka adalah mereka yang ……….
6.      Surah al humazah di awali dengan ayat yang berbunyi …….
7.      Al hutamah adalah nama sebuah …….
8.      Surat at – takasur terdiri dari …….. ayat
9.      Surah al – humazah terdiri atas ……….. ayat
10. Sifat kehidupan dunia ada ………. Macam





















Kunci jawaban
a.      Berilah tanda silang pada huruf a,b,c,d pada jawaban yang tepat

1.     c
2.     a
3.     b
4.     b
5.     b
6.     a
7.     b
8.     a
9.     c
10. b
11. b
12. a
13. d
14. c
15. b
16. a
17. a
18. c
19. c
20.  c
21.  b
22.  d
23.  C
24. D
25. C

b.      Isilah titik – titik pada soal – soal di bawah ini dengan jawaban yang tepat
1.      Bermegah – megahan
2.      Lalai
3.      Sampai kamu masuk ( kedalam ) kubur
4.       makkiyah
5.      Lalai
6.      104:1  
7.      Neraka
8.      8
9.      9
10. 4













       
3.                    Keseimbangan hidup di dunia dan akhirat


Kehidupan didunia merupakan sarana untuk mencapai kebahagiaan hidup diakhirat.Rasuullah saw senantiasa menghasut umatnya untuk memperhatikan kehidupan dunia dan akhirat.Ada beberapa hadist yang menjelaskan tentang keseimbangan hidup didunia dan akhirat.

Hadis pertama
 H.R.Ibnu ‘Asakir dari Anas dalam kitab Tafsir al-Kasya yang artinya:
      Bukanlah orang yang baik diantara kamu orang yang meninggalkan kepentingan dunia untuk mengejar akhirat atau meninggalkan akhirat untuk mengerjar dunia sehingga dapat memadukan keduanya.Sesungguhnya kehidupan dunia mengantarkan kamu menuju kehidupan akhirat.Janganlah kamu menjadi beban orang lain.

Hadis kedua
H.R.Muslim dari Abu Hurairah No.4816 yang artinya:
      Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah,sedangkan pada masing-masing ada kebaikannya.Bersemangatlah kamu untuk mencapai sesuatu yang bermanfaat bagimu.Mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah kamu merasa tak berdaya.

Hadis ketiga
H.R.Al-bukhari dari Zubair bin Awwam No.2200 yang artinya:
      Sungguh,jika salah seorang diantara kamu membawa seutas tali untuk mencari seikat kayu baker,lalu kayu itu dijual sehingga Allah mencukupkan kebutuhan hidupnya dengan hasil jualnya,itu lebih baik daripada meminta-minta kepada oranglain,baik diberi maupun ditolak(tidak diberi)

Kandungan hadis
v          Diantara manusia ada yang lebih mementingkan kehidupan akhirat disbanding kehidupan dunia
v                Kehidupan didunia adalah sarana untuk meraih kehidupan diakhirat
v                Allah swt berjanji akan memberikan kesejahteraan hidup didunia dan kebahagiaan hidup diakhirat kelak,kepada orang yang berusaha menyeimbangkan kepentingan hidup di dunia dan akhirat


Akibat (dampak positif)
      Setelah mempelajari ketiga hadist tersebut kita dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan diantara nya:
v   Sanggup memenuhi kebutuhan hidup sendiri sesuai kemampuannya
v   Dapat meraih kebahagiaan hidup di dunia,sebagaimana yang diinginkan setiap orang
v   Menjadi pribadi yang mandiri
v   Mempunyai pandangan hidup yang luas sesuai –prinsip-prinsip islam
v   Sanggup memperjuangkan islam dengan kekuatan yang dimiliki
v   Dihormati oleh pemeluk agama lain dan tidak dicemoohkan mereka

Ulangan harian
1.      Menurut Rasulullah saw. Orang yang mementingkan ibadah kepada Allah swt. Tanpa memerhatikan kehidupan didunia termasuk...
A.   Memiliki keimanan tingkat tinggi
B.   Tidak menikmati dunia
C.   Sikap tidak baik
D.  Menyiksa diri
2.      Pernyataan Rasulullah saw.  Dalam hadis tersebut agar kita ...
A.   Memuaskan diri di dunia
B.   Mengutamakan kehidupan di Akhirat
C.  Mengutamakan kehidupan di dunia
D.  Tidak melupakan kehidupan didunia
3.      Rasulullah saw. Pernah menyatakan bahwa kehidupan di dunia merupakan...
A.   Kesempatan Bersenang-senang
B.   Sarana menuju kehidupan Akhirat
C.  Tujuan hidup sementara
D.  Dambaan manusia hidup
4.      Sabda Rasulullah saw. dalam hadist riwayat Ibnu ‘Asakir berisi Anjuran agar kita...
A.   Memerhatikan kehidupan dunia
B.   Memikirkan dunia
C.  Memerhatikan kehidupan akhirat
D.  Menyeimbangkan antara urusan dunia dan akhirat
5.      Rasulullah saw. Pernah menyatakan bahwa mukmin yang kuat lebih baik dan ...
A.   Lebih Mulia                            C. Lebih Dicintai Allah swt.
B.   Lebih Terhormat                    D. Pasti akan masuk janah.
6.      Pernyataan pada no.5 tersebut bermaksud ...
A.   Memberi dorongan kepada setiap mukmin agar menjadi orang yang kuat
B.   Memberi tahu kepada semua mukmin yang lemah
C.  Memberi penghargaan kepada mukmin yang kuat
D.  Memberi kabar gembira kepada mukmin yang kuat
7.      Adanya perintah untuk memohon perlindungan kepada Allah swt. Menunjukan bahwa manusia...
A.   Tidak suka memohon                       C. Banyak kekurangan
B.   Termasuk Mahluk yang lemahD. Perlu diperintah untuk memohon
8.      Rasulullah saw. Bersabda, “bersemangatlah kamu mencapai sesuatu yang bermanfaat bagimu”. Perintah tersebut berisi didikan agar kita memiliki sikap...
A.   Optimis                                   C. Pesimis
B.   Bangga Hati                           D. Harga Diri
9.      Orang yang merasa lemah dalam suatu usaha berarti telah...
A.   Menghambat kesukssan      C. Merugikan Suatu Usaha
B.   Merugikan diri sendiri                       D. Berdosa besar
10.  Bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di dunia merupakan hal... yang bagi setiap Muslim.
A.   Mubah                                     C. Wajib
B.   Mandub                                  D. Makruh
11.  Didalam Islam, sikap meminta-minta sangat dilarang. Orang yang suka meminta-minta berarti tidak memiliki sifat...
A.   Iffah                                         C. Sabar
B.   Tawakal                                  D. Amanah
12.  Rasulullah saw. Menyatakan bahwa mencari kayu bakar untuk dijual guna memenuhi kebutuhan itu lebih baik daripada meminta-minta. Hal ini menunjukan...
A.   Perintah untuk berusaha       C. Perintah untuk berdo’a
B.   Perintah membantu orang lain D. Perintah membanu orang lain
13.  Mau bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan hidup sendiri berarti memiliki sifat...
A.   Perwira                                   C. Tawaduk
B.   Tasamuh                                D. Toleran
14.  Adanya perintah untuk memohon pertolongan kepada Allah swt. Menunjukkan bahwa manusia memiliki sifat...
A.   Suka Memohon                     C. Banyak Kekurangannya
B.   Termasuk Mahluk bodoh      D. Perlu perintah untuk memohon
15.  Manusia wajib berusaha agar tida menyusahkan orang lain yaitu dengan jalan...
A.   Mencuri                                   C. Bekerja yang Halal
B.   Korupsi                                   D. Merampok
16.  Seorang pelajar tekun dalam belajar biasanya tumbuh dari sikap ...
A.   Sungguh-sungguh berusaha
B.   Berusaha seadanya
C.  Bermalas-malasan
D.  Ulet dan tekun
17.  Keberhasilan seseorang selain berusaha dengan sungguh-sungguh, juga harus dibarengi dengan... Kecuali
A.   Kemalasan                             C. Ketelitian
B.   Ketekunan                              D. Keuletan
18.  Meminta adalah perbuatan yang harus ...
A.   Dilaksanakan                         C. Dijalankan
B.   Dilakuakan                             D. Dijauhi
19.  Rasulullah saw. Menyatakan bahwa kehidupan dunia merupakan...
A.   Kesempatan bersenang-senang
B.   Sarana menuju kehidupan akhirat
C.  Tujuan hidup sementara
D.  Dambaan manusia hidup
20.  Agar seorang muslim tidak mudah terengaruh oleh keyakinan yang bertentangan dengan islam, maka seorang muslim harus...           
A.   Kuat ilmunya                          C. Kuat Ekonominya
B.   Kuat imannya                         D. Kuat Semangatnya   

Kunci jawaban























1.C
2.D
3.B
4.D
5.C
6.A
7.C
8.A
9.A
10.C
12.A
13.C
14.C
15.C
16.A
17.A
18.D
19.B
20.B






























1 komentar:

  1. Casinos, Slot Machines, and Games at LuckyClub
    Lucky Club is a relatively new online luckyclub.live casino, however it is only in Sweden. It is licensed in a Scandinavian country. You can play and win real money using

    BalasHapus